Deskripsi Umum Konservasi Energi

Konservasi energi adalah kegiatan pemanfaatan energi secara efisien dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang memang benar-benar diperlukan untuk menunjang pembangunan nasional. Konservasi ( penghematan ) energi adalah penggunaan energi yang optimal sesuai dengan kebutuhan sehingga akan menurunkan biaya energi yang dikeluarkan (hemat energi hemat biaya).
Tujuan konservasi energi adalah untuk memelihara kelestarian sumber daya alam yang berupa sumber energi melalui kebijakan pemilihan teknologi dan pemanfaatan energi secara efisien, rasional, untuk mewujudkan kemampuan penyediaan energi.

Menunjuk Keppres No. 43/1991, bahwa pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan konservasi energi dilingkungan Depdiknas menjadi tanggungjawab menteri Pendidikan Nasional, sedangkan secara nasional adalah menjadi tanggung-jawab Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral selaku ketua Badan Koordinasi Energi Nasional.

Pelaksanaan program konservasi energi merupakan program yang harus mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia terutama para pimpinan yang memegang kebijakan dalam mengambil keputusan, tanpa dukungan dari masyarakat mustahil tujuan konservasi energi dapat tercapai secara optimal.

2018-02-27T15:45:22+00:00 Categories: Energy Conservation, Industry|